Minggu, 20 April 2014

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

                                    PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
                    
                                  

  Tujuan

     Setelah mempelajari materi ini,kita diharapkan mampu untuk:

  1. Mengetahui apa yang dimaksaud dengan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik.

  2.  Mengetahui bagaimana perkembangan psikomotorik peserta didik.

  3. Dapat memberikan materi  susai kebutuhan  berdasarkan tingkat atau tahap pertumbuhan dan perkembangan peserta didik.

 

A.Pegertian Pertumbuhan dan Perkembangan

 

Tumbuh adalah berbeda dengan berkembang.Pribadi yang tumbuh mengandung arti yang berbeda dengan pribadi yang berkembang.Oleh kaena itu dibedakan antara pertumbuhan dan perkembangan.Dalam pribadi manusia baik yang jamaniyah maupun yang rohaniah,terdapat dua bagian yang berbeda sebagai kondisi yang menjadikan pribadi manusia berubah menuju kearah kesempurnaan.Ada dua bagian kondisioanlpribadi manusia itu meliputi:

1.Bagian pribadi material yang kuantitatif,dan
2.Bagian pribadi fungsional yang kualitatif

pertumbuhan
pertumbuhan secara biologi merupakan perubahan ukuran organisme karena bertambahnya sel-sel dalam setiap tubuh organisme yang bisa diukur oleh alat ukur .Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,pertumbuhan adalah suatu proses perubahan bentuk (bertambah besar) jasmaniah (fisik) yang terjadi secara alamiah pada setiap makhluk hidup.Jadi dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan merupakan proses perubahan yang baersifat kuantitatif dan menyangkut jasmaniah.Contoh pertumbuhan seorang remaja yang tingginya 156 cm beberapa tahun kemudian berubah menjadi 162 cm.

perkembangan
Perkembangan adalah perubahan psiko-fisik sebagai hasil dari fisik pematangan fungsi-fungsi psikis dan fisik pada anak ditunjang oleh faktorlingkungan yang menguntungkan dalam perwujudan proses aktif menjadi kontinu(Kartoo,1990).Istilah perkembangan merujuk ke bagaimana orang tumbuh,menyesuaiakan diri,dan berubah sepanjang perjalanan hidupnya melalui perkembangan fisik,perkembangan kepribadian,perkembangan sosioemosi,perkembangan kognisi(pemikiran),dan perkembangan bahasa.Sedangkan perkembangan secara biologi merupakan proses perubahan individu kearah kedewasaan dan biasanya tidak bisa diukur oleh alat ukur.Contoh perkembangan seperti emosi mulai berkembang,intelektual dan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungan mulai terangsang,dan sebagainya.


Dengan proses pertumbuhan fisik dan perkembangan mental psikologis yang diperoleh anak secara optimal dapat diharapkan si  anak  akan tumbuh berkembang menjadi manusia dewasa yang baik dan berkualitas sebagaimana yang diharapkan dirinya sendiri dan juga oleh orang tua dan masyarakatnya.Guna mewujudkan hasil perkembangan yang sangat diharapkan itu tidak ada cara lain kecuali dengan mengefektifkan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab para pendidik (orang tua dan guru) dalam membimbing dan mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan anak baik di rumah,diluar rumah maupun di sekolah.Sebagaimana firman Allah SWT. dalam surah Al-Hajj ayat 5.



يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنْ كُنْتُمْ فِي رَيْبٍ مِنَ الْبَعْثِ فَإِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُطْفَةٍ ثُمَّ مِنْ
عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنْ مُضْغَةٍ مُخَلَّقَةٍ وَغَيْرِ مُخَلَّقَةٍ لِنُبَيِّنَ لَكُمْ ۚ وَنُقِرُّ فِي الْأَرْحَامِ مَا نَشَاءُ إِلَىٰ أَجَلٍ  
مُسَمًّى ثُمَّ نُخْرِجُكُمْ طِفْلًا ثُمَّ لِتَبْلُغُوا أَشُدَّكُمْ ۖ وَمِنْكُمْ مَنْ يُتَوَفَّىٰ وَمِنْكُمْ مَنْ يُرَدُّ إِلَ
أَرْذَلِ الْعُمُرِ لِكَيْلَا يَعْلَمَ مِنْ بَعْدِ عِلْمٍ شَيْئًا ۚ وَتَرَى الْأَرْضَ هَامِدَةً فَإِذَا أَنْزَلْنَا عَلَيْهَا الْمَاءَ
اهْتَزَّتْ وَرَبَتْ وَأَنْبَتَتْ مِنْ كُلِّ زَوْجٍ بَهِيجٍ

Artinya: Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (adapula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah.(QS Al-Hajj 22:5)

B.Perkembangan Psikomotorik


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhadvjsL2J4m2opS73RnmeCMAW-caP_tmspk6rXnrnbpggMnw_efSo2RyCEI2Krpfna1ZXLZmSNwqCg_KU3XmZ7mv6ZVBOgYwK-OwEOZLwDGMPr442rn5bM8PdxjQ2VeKLmpmcBJWPhyyIr/s1600/bloom1.png
psychomotor development
 Dalam psikologi,kata motor diartikan sebagai istilah yang menunjukan pada hal,keadaan,dan kegiatan yang melibatkan otot-otot juga gerakan-gerakannya,demikian juga kelenjar-kelenjar dan sekresinya (pengeluaran cairan atau getah).Secara singkat,motor dapat pula dipahami sebagai segala keadaan yang meningkatkan atau menghasilkan stimulasi atau rangsangan terhadap kegiatan organ-organ fisik.Tahap-tahap perkembangan psikomotorik dibagi kedalam lima periode yaitu:
1.periode pra-kelahiran,mulai pembuahan hingga kelahiran,
2.masa bayi,mulai dari lahir sampai sekitar usia 18 hingga 24 bulan,
3.masa kanak-kanak,mulai akhir masa bayihingga usia sektar 5 atau 6 tahun,
4.masa kanak-kanak tengah dan akhir,dimulai sektar usia 6 hingga 11 tahun, 
5.masa remajaatau masa peralihan,dimulai sekitar usia 10 hingga 12 tahundan berakhir pada usia 18 hingga 22 tahun.

Bagaimanakah hubungan antara psikomotorik dengan tingkah laku dan hasil belajar?perkembangan adalah prasyarat untuk bisa bealajar.Artinya jika seorang anak belajar perlu didasari kesiapan (kematangan) yang dicapai dalam perkembangan.Misalnya seorang anak tidak mungkin akan bisa belajar bahasa dan bicara jika belum mencapai kesiapan (kematangan).sebaliknya,pertanyaan itu bisa dijawab tidak,bahwa perkembangan itu hasil belajar.oleh karena itu terdapat hubungan timbal balik antara proses belajar dalam lingkungan dengan kematangan perkembangan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan psikomotorik dalam kaitannya dengan pendidikan,terdiri atas:
1.faktor yang terdapat pada diri siswa sendiri seperti konstitusi tubuh,struktur dan keadaan fisik,koordinasi motorik,kemampuan mental dan bakat,serta tingkat emosionalitas yang terkendali.
2.faktor yang berasal dari lingkungan yaitu lingkungan keluarga dan sekolah atau pendidikan

Setiap individu pasti memiliki perbedaaan antara individu yang satu dengan individu yang lainnya,contohnya ada individu yang proses perkembangan dan pematangannya yang berjalan cepat dan yang berjalan lambat.Akibat dari perbedaan itu maka perkembangan psikomotorik setiap individu berbeda-beda.Menurut para ahli psikologi,individu biasanya mengalami dua masa pancaroba yang biasanya disebut Trotz.Masa ini terjadi dalam periode:
1.periode pertama terjadi pada usia 2-3 tahuan dengan ciri utama anak menjadi egois ,selalu mendahulukan kepentingan diri sendiri
2.periode kedua terjadi pada usia antara 14-17 tahun dengan ciri utama sering membantah orang tuanya dan cenderung mencari identitas diri.

Menurut John W. Santrock pada bukunya yang berjudul Perkembangan Anak Jilid I,disebutkan bahwa karakteristik perekembangan psikomotorik terbagi menjadi 3(tiga),yaitu:
1.Refleks,merupakan reaksi alami terhadap stimulus yang mengatur gerakan yang bersifat otomatis dan diluar kendali.Refleks adalah mekanisme pertahanan hidup yang dibawa secara genetik.
2.keerampilan motorik kasar,keterampilan yang mengikuti aktivitaas otot yang besarseperti menggerakkan lengan dan berjalan.
3.keterampilan motorik halus,melibatkan gerakan yang diatur dengan lebih halus seperti keterampilan tangan.






DAFTAR PUSTAKA


Abror,Rachman.1993.Psikologi Pendidikan.Yogyakarta:PT.TiaraWacana Yogya khodijah,Nyanyu.2014.Psikologi Pendidikan.Depok:PT.Rajagrafindo Persada Mustaqim,Abdul Wahib.2003.Psikologi Pendidikan.Jakarta:PT. Rineka Cipta
Sabri,Alisuf.2007.Psikologi Pendidikan.Jakarta:Pedoman Ilmu Jaya
Slavin,Robert E..2011.psikologi Pendidikan Teori dan Ptaktik.Jakarta Barat:PT.  Indeks
Syah,Muhibbin.2013.Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan baru.Bandung:PT.Remaja Rosdakarya







Tidak ada komentar: